Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Bahaya Merokok Bagi KesehatanBahaya Merokok Bagi Kesehatan – Hampir bisa dipastikan bahwa semua orang tahu betapa besarnya bahaya merokok bagi kesehatan tubuh dan tidak hanya itu merokok juga bisa merugikan orang lain yang berada disekitarnya. Bahaya merokok itu sendiri bahkan sudah dijelaskan oleh pihak pembuatnya dengan cara memberikan peringatan pada tiap bungkus rokoknya. Akan tetapi, meskipun peringatan telah tertulis jelas dalam setiap bungkusnya orang-orang masih tidak memperdulikan tentang bahaya yang akan ditimbulkannya.

Elemen Berbahaya Dalam Rokok

Rokok mengandung 4000 lebih elemen, dan setidaknya 200 elemen diantaranya dinyatakan bahaya bagi kesehatan tubuh. Racun utama yang paling berbahaya bagi kesehatan tubuh, seperti : Tar, Nikotin, dan Karbon monoksida.

  • Tar adalah hirokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru
  • Nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah.Zat ini bersifat karsinogen,dan mampu memicu terjadinya kangker paru-paru.
  • Karbon monoksida adalah Zat yang mengikat hemoglobin dalam darah,membuat darah tidak mampu mengikat oksigen.

Efek racun pada rokok ini membuat asap rokok mengalami resiko lebih besar di banding yang tidak menghisap asap rokok, perbandingannya adalah sebagai berikut : 14x menderita kanker paru-paru, mulut, dan tenggorokan.

source : http://irwantav.wordpress.com/2012/02/06/artikel-bahaya-merokok-bagi-kesehatan-kita/

Daftar Penyakit Bahaya merokok Bagi Kesehatan Tubuh

  • Penyakit Jantung ( baca : obat tradisional jantung koroner )

Rokok menimbulkan aterosklerosis atau terjadi pengerasan pada pembuluh darah. Kondisi ini merupakan penumpukan zat lemak di arteri, lemak dan plak memblok aliran darah dan membuat penyempitan pembuluh darah. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya penyakit jantung.

Jantung harus bekerja lebih keras dan tekanan ekstra dapat menyebabkan angina atau nyeri dada. Jika satu arteri atau lebih menjadi benar-benar terblokir, serangan jantung bisa terjadi.

Semakin banyak rokok yang dihisap dan semakin lama seseorang merokok, semakin besar kesempatannya mengembangkan penyakit jantung atau menderita serangan jantung atau stroke.

  • Penyakit Paru

Risiko terkena pneumonia, emfisema dan bronkitis kronis meningkat karena merokok. Penyakit ini sering disebut sebagai penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Penyakit paru-paru ini dapat berlangsung dan bertambah buruk dari waktu ke waktu sampai orang tersebut akhirnya meninggal karena kondisi tersebut. Orang-orang berumur 40 tahun bisa mendapatkan emfisema atau bronkitis, tapi gejala biasanya akan*jauh lebih buruk di kemudian hari, menurut American Cancer Society.

Kanker paru2 sudah lama dikaitkan dg bahaya rokok, yang juga dapat menyebabkan terhadap kanker lain seperti dari mulut, kotak suara atau laring, tenggorokan dan kerongkongan. Merokok juga dikaitkan dengan kanker ginjal, kandung kemih, perut pankreas, leher rahim dan kanker darah (leukemia).

Merokok meningkatkan resiko terjadinya diabetes, menurut Cleveland Clinic. Rokok juga bisa naik menyebabkan komplikasi dari diabetes, seperti penyakit mata, penyakit jantung, stroke, penyakit pembuluh darah, penyakit ginjal dan masalah kaki.

  • Impotensi

Rokok merupakan faktor resiko utama untuk penyakit pembuluh darah perifer, yang mempersempit pembuluh darah yang membawa darah ke seluruh bagian tubuh. Pembuluh darah ke penis kemungkinan juga akan terpengaruh karena merupakan pembuluh darah yg kecil & dapat mengakibatkan disfungsi ereksi/impoten.

  • Menimbulkan Kebutaan

Seorang yang merokok menimbulkan meningkatnya resiko degenerasi makula yaitu penyebab kebutaan yang dialami orang tua. Dalam setudi yg diterbitkan dalam ‘Archives of Ophthalmology’ pada tahun 2007 menemukan yaitu orang merokok empat kali lebih mungkin dibanding orang yang bukan perokok untuk mengembangkan degenerasi makula, yg merusak makula, pusat retina, dan menghancurkan penglihatan sentral tajam.

  • Penyakit Mulut

Penyakit mulut yang disebabkan oleh rokok antara lain kanker mulut, kanker leher, penyakit gigi, penyakit pada gigi dan nafas.

source : http://bikinbetah.blogspot.com/2012/05/daftar-penyakit-dari-bahaya-rokok.html

Meskipun perokok sudah mengetahui betapa besar bahaya yang mengancam kesehatan tubuhnya tetap saja mereka melakukan kegiatan yang bisa merugikan dirinya sendiri dan orang lain. Memang orang yang sudah terlanjur merokok akan sulit untuk menghentikan kegiatannya itu, akan tetapi bukan berarti kita tidak bisa untuk berhenti dari kegiatan merokok.

Segeralah  hentikan kegiatan yang bisa merugikan orang yang anda cintai termasuk diri sendiri dan pergunakanlah uang untuk membeli rokok dengan hal-hal yang lebih penting dan berguna untuk kemajuan hidup anda. Ingat kesehatan berada ditangan anda sepenuhnya. Itu karena “hidup adalah sebuah pilihan”

Posted by Pusat Penjualan Obat Herbal Alami

Kata kunci terkait :
    bahaya merokok bagi kesehatan, bahaya rokok bagi kesehatan, bahaya merokok, bahaya rokok, artikel bahaya merokok
Bahaya Merokok Bagi Kesehatan
0 votes, 5.00 avg. rating (0% score)